Mempunyai jerawat di muka? Rasanya pasti menyebalkan sekali.. Selain terlihat nggak oke buat penampilanmu. Sebenarnya apa saja sih faktor pemicu jerawat dan upaya untuk menguranginya? Yuk simak artikel berikut ini!



Jerawat itu sebenarnya apa sih?

Sebelum kamu mengetahui penyebab dan cara mengatasinya. Kamu juga perlu tahu apa sebenarnya jerawat itu. Dalam bahasa inggris jerawat biasa disebut dengan acne vulgaris atau acne saja. Jerawat adalah suatu kondisi kulit yang tidak normal yang disebabkan oleh gangguan produksi dari kelenjar minyak (sebaceous gland) yang berlebihan.



Apa saja faktor pemicu timbulnya jerawat?

1. Karena faktor genetik turunan orangtua.

2. Kelenjar minyak atau sebaceous yang diproduksi terlalu berlebih.

3. Adanya sumbatan lapisan kulit mati pada pori-pori yang terinfeksi.

4. Faktor hormonal seperti pada saat masa pubertas maupun pada saat menstruasi.

5. Adanya iritasi kulit.

6. Akumulasi sel kulit mati yang menghalangi atau penutup pori-pori.

7. Stress.



Bagaimana cara untuk mengurangi jerawat?

Jagalah kebersihan wajah dengan rajin membersihkan wajah terutama sehabis bepergian. Tapi kenali dulu jenis kulitmu sebelum menggunakan sabun pembersih wajah. Hindari penggunakan kosmetik yang dapat menutup pori-pori.

Gunakan obat penghilang jerawat yang sesuai dengan kulitmu. Bila perlu perikasakan ke dokter untuk perawatan yang lebih intensif. Ohya.. teman Bergaul juga bisa menggunakan madu sebagai masker wajah karena madu memiliki zat anti bakteri yang menghilangkan infeksi pada wajah.

Biasakanlah hidup sehat dengan mengkonsumsimakanan yang bergizi dan tidak berlebihan terutama makanan yang mengandung banyak minyak banyak pengawet mengandung MSG makanan pedas dsb. Hindarilah makanan dan minuman yang mengandung banyak lemak dan kolesterol. Biasakan pula olahraga yang teratur tidak begadang tidak merokok tidak mengkonsumsi narkoba dan banyak minum air putih.

date Senin, 28 Maret 2011

0 komentar to “Penyebab Jerawat dan Cara Mengatasinya”

Leave a Reply: